PENGERTIAN DAN TUJUAN DARI BELAJAR
DAN PEMBELAJARAN
Abstrak
Guru, sebagai salah satu unsur
pendidik harus memiliki kemampuan memahami bagaimana peserta didik belajar dan
kemampuan mengorganisasikan proses pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan
dan bentuk watak peserta didik. Belajar dan pembelajaran satu sama lain
memiliki keterkaitan substantif dan fungsional. Keterkaitan substantif belajar
dan pembelajaran terletak pada simpulan terjadinya perubahan perilaku dalam
diri individu. Keterkaitan fungsional pembelajaran dan belajar adalah bahwa
pembelajaran sengaja dilakukan untuk menghasilkan proses belajar atau dengan
kata lain belajar merupakan parameter pembelajaran. Belajar diartikan sebagai tahapan aktivitas yang menyebabkan
terjadinya perubahan perilaku dan mental yang relatif sebagai bentuk respon
terhadap situasi dan interaksi dengan lingkungan. Pembelajaran dapat
didefinisikan sebagai upaya proses membangun pemahaman siswa. Pembelajaran
disini lebih menekankan pada bagaimana upaya guru untuk mendorong atau
memfasilitasi siswa dalam belajar. Tujuan dari belajar adalah untuk memperoleh
hasil belajar dan pengalaman hidup, sedangkan tujuan dari pembelajaran adalah
untuk mengembangkan kemampuan, membangun watak dan peradaban bangsa yang
bermartabat dalam rangka pencerdasan kehidupan bangsa.
untuk selengkapnya silakan klik link di bawah ini
Pembahasan
PEMBELAJARANMENURUTKONSTRUKTIVISME
KOGNITIVISME
Faktor-faktoryangmempengaruhipembelajaran
APLIKASIMENGAJARDARIPENDEKATANKOGNITIF
PembelajaranBerbasisKonstrutivisme
TeoriKognitifdariBruner
pembelajaranmenurutKonstruktivisme
makalah
No comments:
Post a Comment