Tuesday, February 14, 2012

Belajar dan Pembelajaran



PENGERTIAN DAN TUJUAN DARI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN


Abstrak

Guru, sebagai salah satu unsur pendidik harus memiliki kemampuan memahami bagaimana peserta didik belajar dan kemampuan mengorganisasikan proses pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan dan bentuk watak peserta didik. Belajar dan pembelajaran satu sama lain memiliki keterkaitan substantif dan fungsional. Keterkaitan substantif belajar dan pembelajaran terletak pada simpulan terjadinya perubahan perilaku dalam diri individu. Keterkaitan fungsional pembelajaran dan belajar adalah bahwa pembelajaran sengaja dilakukan untuk menghasilkan proses belajar atau dengan kata lain belajar merupakan parameter pembelajaran. Belajar diartikan sebagai tahapan aktivitas yang menyebabkan terjadinya perubahan perilaku dan mental yang relatif sebagai bentuk respon terhadap situasi dan interaksi dengan lingkungan. Pembelajaran dapat didefinisikan sebagai upaya proses membangun pemahaman siswa. Pembelajaran disini lebih menekankan pada bagaimana upaya guru untuk mendorong atau memfasilitasi siswa dalam belajar. Tujuan dari belajar adalah untuk memperoleh hasil belajar dan pengalaman hidup, sedangkan tujuan dari pembelajaran adalah untuk mengembangkan kemampuan, membangun watak dan peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka pencerdasan kehidupan bangsa.

Kata kunci : belajar, pembelajaran
untuk selengkapnya silakan klik link di bawah ini
Pembahasan


PEMBELAJARANMENURUTKONSTRUKTIVISME
KOGNITIVISME 
Faktor-faktoryangmempengaruhipembelajaran 
APLIKASIMENGAJARDARIPENDEKATANKOGNITIF
PembelajaranBerbasisKonstrutivisme
TeoriKognitifdariBruner
pembelajaranmenurutKonstruktivisme
makalah

No comments:

Post a Comment